Peralatan Kantor
Sebuah kantor tak bisa
berfungsi dengan baik tanpaadanya
peralatan kantor yang memadai sesuai dengankebutuhan. Selain fungsi dan peranan sumber daya manusia,untuk mencapai kelancaran dalam suatu pekerjaan juga
sangattergantung pada sarana prasarana
dan sistem pengelolaan yangefektif. Memfasilitasikan
kantor dengan mesin-mesin modernbertujuan
untuk mencapai produktifitas pekerjaan kantor yang se-efesien mungkin secara tenaga, biaya maupun waktu. Olehkarenanya penggunaan peralatan dan mesin-mesin kantor
yangtepat sangatlah penting dalam sebuah
perusahaan.Menurut Ensiklopedi
Administrasi, perlengkapan kantor (office
equipment ) adalah segenap benda yang dipergunakanuntuk membantu kelancaran tugas-tugas tata usaha,
yang terdiriperabot kantor, mesin
kantor, bekal kantor dan hiasan kantor.Sedangkan
menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
peralatankantor
berarti sesuatu yang
dapat dipakai sebagai alat dalammencapai
maksud dan tujuan. Jadi, dapat dikatakan bahwaperalatan kantor merupakan suatu media dalam upaya mencapaitujuan yang diinginkan.Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa yangdimaksud dengan dengan peralatan atau perlengkapan
kantor adalah suatu sarana dan
prasarana yang dapat memperlancar atau
mempercepat pelaksanaan perkerjaan kantor.Istilah-istilah dalam peralatan kantor adalah sebagai berikut :
1. Perabot kantor (office furniture)
Yaitu benda-benda yang terbuat dari kayu, besi ataupunbahan lainnya, yang dipergunakan untuk melaksanakantugas tata usaha dan termasuk perlengkapan kantor tahanlama.
2. Mesin kantor (office
machines)
Yaitu segenap benda yang dipergunakan untuk membantukelancaran tugas tata usaha seperti mesin-mesin kantor.
3. Perbekalan kantor (office
supplies)
Yaitu benda-benda yang akan habis dalam pemakaiansehari-hari di kantor. Benda-benda tersebut
umumnya
dipergunakan untuk keperluan
tulis-menulis seperti kertas,tinta
pensil, pulpen dan lain-lain
.4. Hiasan kantor
(office ornament)
Hiasan kantor
adalah benda-benda kantor yang padaumumnya
ditujukan untuk menambah suasana yangmenyenangkan
di kantor yang secara tidak langsungmempengaruhi
kinerja di dalam kantor
Tidak ada komentar :
Posting Komentar